Cara Mengobati Penyakit Jantung

Serangan dapat dikatakan sesuatu yang bergerak mendadak atau tiba-tiba, seperti satu peleton tentara dapat menaklukkan musuhnya dengan suatu serangan yang mendadak. Pengertian serangan yang dikaitkan dengan organ tubuh yang bernama “jantung”, menjadi sebuah penyakit yang berbeda dengan penyakit lainnya.

Serangan jantung adalah suatu kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian otot jantung (myocardium) akibat berkurangnya pasokan darah ke area otot itu secara mendadak. Berkurangnya pasokan darah ke jantung secara tiba-tiba dapat terjadi ketika salah satu nadi koroner terblokade selama beberapa saat, entah akibat spasme (mengencangnya nadi koroner) atau akibat penggumpalan darah (thrombus). Berkurangnya pasokan darah ke jantung ini akan berakibat otot jantung rusak secara permanen, hingga otot mati (infark). Gejala ini bisa terjadi pada siapapun dan tidak lepas dari gaya hidup dan pola hidup yang tidak teratur.

Serangan jantung bisa berakhir dengan sudden death, kematian yang tidak terduga atau proses kematian yang terjadi cepat. Serangan jantung ini bisa mengganggu dan bahkan menghentikan irama jantung.

Penyebab Serangan Jantung

Penyebab serangan jantung paling umum adalah penyumbatan (oklusi) arteri koroner setelah pecahnya plak aterosklerotik, yaitu tumpukan lipid (asam lemak) dan sel-sel darah putih pada dinding arteri koroner yang memasok darah ke jantung. Plak yang pecah menciptakan gumpalan-gumpalan bekuan darah. Jika bekuan cukup besar maka dapat menutup sebagian atau seluruh arteri, yang mengakibatkan serangan jantung.

Diagnosis Serangan Jantung

Untuk mendiagnosis serangan jantung, tes yang harus dilakukan meliputi :

1. Elektrokardiogram (ECG)

Pembacaan impuls listrik jantung. Terkadang tes ini dilakukan bersamaan dengan berolahraga dengan sepeda statis atau treadmill

2. Tes Darah

Tes ini dilakukan untuk mengukur tingkat zat dilepaskan ke dalam darah ketika otot jantung rusak

3. Angiogram atau Kateterisasi Jantung

Rontgen khusus untuk arteri koroner

Pengobatan Serangan Jantung

Hal yang dapat dilakukan untuk mengobati serangan jantung adalah :

a. Obat untuk melarutkan gumpalan darah yang memblokir arteri koroner

b. Angioplasty dan Implantasi Stent

Yaitu prosedur untuk membuka arteri koroner yang tersumbat dengan menggunakan balon di titik penyempitan. Setelah arteri terbuka, tabung logam khusus yang dapat menggelembung (stent) ditempatkan agar tetap terbuka.

c. Operasi Bypass

Adalah operasi di mana aliran darah dialihkan dari area penyempitan di arteri koroner

d. Penggunaan Obat Jangka Panjang

Hal ini dilakukan untuk menurunkan risiko gangguan jantung lebih lanjut. Obat-obatan ini mungkin mencakup dosis kecil aspirin reguler, obat penurun kolesterol, beta-blocker dan penghambat ACE (angiotensin-converting enzyme).

e. Defibrilator Implan Jantung (ICD)

Perangkat kecil yang kadang-kadang ditanam di dekat jantung untuk mengelola irama jantung abnormal (aritmia) yang mungkin terjadi setelah serangan jantung


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyembuhan Penyakit Jantung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>