Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner

Penyembuhan Penyakit Jantung KoronerPenyakit jantung koroner adalah penyakit jantung dimana suplai aliran darah koroner tidak cukup sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan metabolik otot jantung pada setiap saat. Karena itu banyak penderita PJK tidak dapat beralan cepat, bahkan ada di antaranya berjalan sejauh 20 meter saja kelelahan dan merasakan nyeri di sekitar dada.

Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner

Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner

Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner

Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner meliputi perubahan gaya hidup, obat-obatan dan prosedur khusus. Perubahan gaya hidup seperti :

  • Diet sehat, mencegah atau menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan mempertahankan berat badan sehat.
  • Berhenti merokok
  • Olahraga
  • Mengurangi berat badan
  • Mengurangi dan menghindari stress

Jadi, Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner selain harus mengkonsumsi obat-obatan setiap hari sesuai dengan dosis yang dianjurkan, penderita PJK sangat dianjurkan menjaga ketenangan jiwa dan emosi Penderita PJK dianjurkan mampu memilih respons yang masuk melalui panca indera supaya pikiran selalu memberikan realsi yang baik terhadap berbagai macam input yang masuk.

Diagnosis Penyakit Jantung Koroner

Hal yang dilakukan untuk memberikan penatalaksanaan dari penyakit maka dokter harus mengetahui terlebih dahulu tentang penyakit atau juga diagnosis pasien. Biasanya dokter akan mengumpulkan bannyak informasi baik berupa keterangan subjektif dan objektif dan kemudian setelah itu mengambil suatu kesimpulan. Pemilihan dari jenis penyembuhan biasanya ditentukan berdasarkan oleh jenis penyakit dan juga tingkatan derajatnya. Dokter akan mewawancarai paisen mengenai keluhan yang dirasakan. Setelah itu, dokter akan menanyakan mengenai hal lainnya tentang riwayat kesehatan Anda misalnya apakah Anda penderita penyakit tekanan darah tinggi atau juga penyakit gula atau penyakit diabetes dan hal lainnya yang bisa menunjang keterangan. Kemudian jika sudah menanyakan beberapa hal yang dianggap berhubungan erat dengan penyakit jantung, maka dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan tujuan untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada jantung. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan alat stetoskop.

Pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan semuanya adalah tergantung dari berbagai jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan dalam menegakkan diagnosa dari penyakit jantung koroner dan dalam menentukan tingkatan derajatnya. Dimulai dari hal yang sederhana sampai hal yang sifatnya invasif.

Pemeriksaan penunjang tersebut adalah :

  1. Elektorkardiogram (EKG)
    Pemeriksaan dari aktivitas listrik jantung dan juga dari gambaran pada EKG adalah salah satu bentuk pemeriksaan penunjang untuk bisa memberikan suatu petunjuk dari adanya suatu penyakit jantung koroner. Dengan cara melakukan pemeriksaan ini maka kita akan mengetahui apakah sudah muncul tanda. Misalnya dalam bentuk serangan jantung yang terdahulu, penyempitan yang terjadi atau mengalami serangan jantung yang baru saja terjadi dan juga pada masing-masing yang biasanya akan memberikan suatu gambaran yang berbeda.
  2. Foto rontgen dada
    Dari rontgen dada yang dilakukan biasanya dokter akan melihat ukuran dari jantung, ada atau tidaknya suatu pembesaran. Selain itu juga bisa juga dilihat dari gambaran bentuk paru. Dan kelainan yang terjadi pada koroner biasanya tidak bisa dilihat dari rontgent ini. Dan dari ukuran jantung maka akan bisa dimilai apakah seseorang mengalami penyakit PJK yang lanjut. Mungkin saja penyakit jantung koroner yang lama biasanya sudah berlanjut pada kasus payah jantung. Gambaran biasanya akan terbentuk pada terjadinya pembesaran pada jantung.
  3. Pemeriksaan laboratorium
    Pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kadar dari jumlah kolesterol darah serta trigliserida sebagai salah satu faktor resiko penyakit jantung. Dan pemeriksaan darah juga dilakukan bisa diketahui ada atau tidaknya suatu serangan kasus jantung akut dengan cara melihat adanya suatu kelainan enzim jantung.

Pemeriksaan Treadmill

Dan jika semua pemeriksaan diatasi masih belum bisa menegakkan diagnosa Penyakit jantung koroner, maka biasanya dokter jantung kardiologis akan memberikan rekomendasi untuk melakukan treadmill. Treadmill merupakan suatu alat yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan diagnostik pada penyakit jantung koroner. Misalnya adalah berupa berjalan sama dengan alat olahraga yang lainnya, namun treadmill ini digunakan dengan cara dihubungkan dengan monitor dan juga alat rekam EKG. Prinsip dari alat ini adalah merekam semua aktivitas fisik pada jantung disaat sedang melakukan atihan. Dan bisa terjadinya suatu perubahan pada gambaran EKG saat Anda sedang melakukan aktivitas, yang memberikan suatu petunjuk dari adanya penyakit PJK. Hal ini biasanya disebabkan karena organ jantung memiliki tenaga serap sehingga untuk keadaan tertentu dalam keadaan sedang istirahat, EKG akan menunjukkan suatu gambaran yang normal.

Kemudian dari hasil latihan treadmill ini maka akan diduga apakah seseorang menderita penyakit PJK. Jika memang tidak terjadi 100% karena pemeriksaan menggunakan treadmill ini mempunyai sekitar 84% tingkat sensitif pada pria sedangkan untuk wanita hanya berkisar antara 72% saja. Berarti hal ini masih ada suatu kemungkinan meleset antara 16%, artinya sekitar 100 persen orang yang menderita penyakit jantung koroner yang terbukti hanya berkisar 84 orang saja.

Pemeriksaan treadmill merupakan salah satu jenis pemeriksaan Golden Standart sampai sekarang karena dengan sangat jelas bisa terlihat tingkat dari terjadinya suatu penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah arteri koroner, apakah terjadi ringan, sedang berat dan juga bahkan total. Pemeriksaan lainnya adalah dengan katerisasi jantung. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk memasukkan kateter semacam siang yang seukuran lidi.

Penyembuhan Penyakit Jantung Koroner


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyembuhan Penyakit Jantung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>